Sabtu, 09 Juni 2012

Fitting

Fiting dibuat sebagai bagian dari suatu sistem pemipaan yang berfungsi untuk merubah arah aliran ( seperti Elbow ), membuat percabangan (seperti Tee ) atau mengecilkan ukuran pipa ( seperti  Reducer ), sebagaimana di tunjukan digambar atas.

  • Elbow
1. Long radius  
    Jenis ini banyak digunakan besar radius nya adalah 11/2  Nominal Size nya.
 2. Short Radius
     Jenis ini sesuai dengan kebutuhan, karena khusus dan jarang di pergunakan. Kekhususan penggunaan nya di karenakan jenis elbow ini memiliki penurunan tekanan ( pressure drop ) yang   lebih besar dari pada yang long radius. Besar radius nya adalah 1 Nominal Size nya.
3. Mitter Elbow ( Weld )
    Jenis ini terbuat dari potongan - potongan pipa. Penggunaan nya juga tertentu di karenakan tidak sehalus aliran elbow jenis lain.
4. 45 Elbow ( Weld )
     Jenis ini adalh setengah dari elbow 90 derajat. Prmilihan nya selain untuk space yang lebih irit juga irit material cost.

  


  •  Tee
Komponen pemipaan yang membuat percabangan dimana siz cabang nya sama dengan size utamanya adalah Tee, sedangkan bila ukuran percabangan nya lebih kecil di sebut dengan Reducer Tee.

  • Stub-in
Jenis percabangan yang langsung pada pipa utamanya. Jenis ini banyak di gunakan sebagai  alternatif dari penggunaan reducing tee, tetapi penggunaan nya di sesuaikan dengan kalkulasi dan dinyatakan pada class piping specification.
 Berikut adalah jarak minimum pada pemasangan Stub-in

 Bila service dan temperaturnya cukup tiinggi dan dari hasil perhitungan Stub-in tidak mencukupi maka harus di beri penguatan ( Reinforcment ), bisa berupa pad, sadkke ataupun o-let.

  • Coupling
Jenis komponen pemipaan yang diperlukan pada sambungan ukuran kecil seperti Las- socket ( Socket weld ) dan ulir ( threaded ). umumnya di gunakan untuk koneksi instrumentasi.

  • Reducer
Bila dalam sistem pemipaan di butuhkan adanya perubahan laju aliran atau perubahan ukuran, maka di butuhkan reducer fittting ini. ada 2 jenis reducer yang dipergunakan yaitu concentric dan eccentric.



  • Cap
Untuk mengakhiri suatu line pemipaan ( titik buntu ), maka di pergunakan cap.

 

  • Fitting make-up
Pada situasi tertentu dalam desain pemipaan, bisa karena space yang sempit maka dilakuakan penyhambungan antar fitting tanpa ada spool pipa, hal ini deikenal dengan fitting make-up.



  • Ulir fitting & las socket ( threaded & las shocket weld )
Untuk pipa ukuran kecil atau koneksi ke instrumenttasi biasanya dipergunakan sambungan ini. 





  • Pipe niples
Untuk penyambungan dengan ulir dan las socket ini tidak bisa dilakukan decara fiitinga make-up, karena dibuthkan spool , spool pipa ini dikenal dengan nipple. panjanga nya nipple bervariasi tergantung dari kebutuhan.

  • Swage
Untuk merubah ukuran pipa pada diameter pipa yang kecil dikenal dengan swage, yang koneksinya adalh ulir atau las socket. jadi fungsi nya sama dengan reducer dan jenis nya ada yang concentric dan eccentric.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar